Monday, October 8, 2012

Fun Science and Compu-Kids 3rd Week (My Air Balloon, and How Do We Get Day and Night?)

Anak-anak memasukkan soda kue dan cuka ke dalam botol, lalu Mr. Ari membantu memasukkan mulut botol ke mulut balon. Lalu apa yang terjadi ya?
Wah, ternyata balonnya membesar tanpa harus ditiup lho.. Asik, gak perlu capek-capek meniup balon deh.. Ini karena ketika soda kue bertemu dengan cuka, terjadi reaksi kimia yang menghasilkan gas. Gas tersebut mengisi ruang di dalam balon yang menutup mulut botol.
Eh, Bu Guru juga mau ikutan ah.. Bisa gak ya? Bisa juga lho ternyata..
Yang keren, eksperimen sains ini juga bisa membuat anak-anak belajar membagi tugas dan bekerja sama. 
"Lalu apa lagi Mr.?" kata anak-anak. Mr. Ari lalu meminta anak-anak meneteskan kayu putih ke atas balon yang tadi sudah membesar dan diikat ujungnya.


Ternyata ada 2 skenario yang bisa terjadi. Pertama, jika kita kurang kencang mengikat ujung balon, setelah ditetesi minyak kayu putih, balon akan menyusut dan udara akan keluar dari celah yang terbuka di ujung balon. Tapiiii, kalau kita sudah mengikat ujungnya dengan kuat, maka udara di dalam balon akan memuai karena kenaikan suhu, dan udara tersebut menekan permukaan balon sehingga permukaan balon semakin menipis dan lama-kelamaan meledak.
Minggu ini, Compu-Kidsnya belajar tentang bentuk dan ukuran. Anak-anak belajar kecepatan dan ketepatan. Mencari dan mencocokkan bentuk yang sama dengan ukuran yang berbeda.


0 comments:

 

NURUL IMAN: Islamic Toddler, Playgroup, and Kindergarten Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting