Tuesday, September 25, 2012

Second Fun Science Experiments: It's All About Colors and Matters

This week, we do three experiments. The concept is actually about density of different substances, what substances can be bonded to another substances, and how colors 'move'. 

The first experiment is drawing a thin line around two chalks with a marker, one is put on a plate with alcohol inside of it, and another is put on a plate with plain water inside of it. The one that is put on a plate with alcohol, the colors will be drawn up and move. But not with the one that is put on a plate with plain water. The colors stay. Only the fluid will be drawn up.




Percobaan Kedua. Bahan-bahan: susu non-sugar, sabun pencuci piring, pewarna makanan.
Pada percobaan ini, pewarna makanan akan saling tarik-menarik. Dengan dasar susu yang berwarna putih, kita dapat melihat perubahan warna ketika merah bertemu dengan biru dan menjadi ungu, atau ketika biru bertemu kuning dan menjadi hijau.

Percobaan ketiga. Pada percobaan ini kita melihat ketika air putih biasa ditetesi pewarna makanan, dibandingkan dengan air putih yang dimasukkan minyak ke dalamnya, lalu ditetesi pewarna makanan.

Ini adalah minyak sebelum dimasukkan air putih.
Masukkan air putih ke dalam toples berisi minyak.
Eh, ternyata minyak tidak mau akur atau bersatu dengan air. Lihat, minyaknya naik ke atas dan membentuk lapisan sendiri. Wah, ternyata berat jenis minyak lebih ringan daripada air.

Lalu teteskan pewarna ke dalam air. Eh, airnya langsung mengalami perubahan warna sesuai dengan pewarna yang kita masukkan.

Tapi kalau kita teteskan pewarnanya ke dalam air yang bercampur minyak, pewarnanya terjebak dulu di lapisan minyak, sehingga lebih lama turun ke dalam air.
Lihat, tetesan-tetesan pewarnanya terperangkap di lapisan minyak.
Lalu, kalau minyak sama air bermusuhan dan tidak mau bersatu, bagaimana ya caranya supaya mereka mau bersatu? Coba tuangkan sedikit saja sabun ke dalam toples berisi air dan minyak.
Kemudian aduk.
Lihat, sekarang hanya ada satu lapisan saja :) Minyaknya sudah mau berteman dengan air. Namun, jadi timbul buih-buih atau busa di bagian atas. Nah anak-anak.. Kalau tangan kita kotor, licin, berminyak, dicuci harus menggunakan sabun ya.. Supaya kotorannya mau terbawa oleh air dan tangan kita menjadi bersih deh :)

0 comments:

 

NURUL IMAN: Islamic Toddler, Playgroup, and Kindergarten Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting