Thursday, November 10, 2011

Hari Ini Kelas Toddler Belajar Apa?

Seperti janji Ibu Guru sebelumnya, sekarang blog ini akan banyak memuat kegiatan anak-anak di sekolah. Setelah kelasnya Bu Faridah dan Bu Neni (B1) yang belajar lagu berbahasa Inggris (Shake It Like A Milkshake), sekarang giliran kelas Toddler yang kita intip kegiatannya.

Kelas Toddler adalah kelas yang berisi anak-anak berusia 2-3 tahun. Satu kelas terdiri dari 8-10 anak saja. Hari ini, selain bermain, mereka juga belajar mengenal benda-benda di sekitarnya. Ada Via yang sudah pintar dan tahu bentuk alpukat dan bahasa Inggris dari alpukat. Lalu kemudian anak-anak belajar memahami perintah dan melaksanakan sesuai dengan apa yang Ibu Guru minta, yaitu berkemas. Bu Nurul meminta anak-anak berkemas sambil bernyanyi:

"Everybody, tidy up. Tidy up. Tidy up. Everybody, tidy up. Just like me."

Begitu kira-kira liriknya. Anak-anak pun memahami maksud dari Bu Nurul dan mulai merapikan sendiri mainan yang telah digunakannya. Bu Fera tidak lupa mengingatkan anak-anak agar merapikannya dengan hati-hati. Setelah itu, Bu Guru dan anak-anak belajar membedakan besar-kecil dengan bernyanyi bersama. Semua berpegangan tangan dan membentuk lingkaran, lalu menyanyikan lagu:

"Make a big circle, make a big circle, make a small circle. Make a small circle, make a small circle, make a big circle. Lingkaran besar, lingkaran besar, lingkaran kecil. Lingkaran kecil, lingkaran kecil, lingkaran besar."


Kemudian mereka menyanyikan beberapa lagu lagi sambil belajar warna, mengenal dan menyebutkan bilangan dari 1 sampai 10, berjalan maju dan mundur dengan stabil, berlari kecil, melompat, jongkok, mengetahui ciri-ciri binatang (gajah) yang berbadan dan berkaki besar, bertelinga lebar, dan berbelalai panjang, menirukan cara berjalan gajah, bertepuk tangan, mengikuti irama, membedakan laki-laki dan perempuan, juga mempelajari sebutan untuk anak laki-laki dan anak perempuan dalam bahasa Inggris, bahkan juga belajar beberapa kalimat dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab, seperti  takbir (Allahu Akbar), dan tahlil (Laa ilaahaillallah, Muhammadurrasulullah). 


Setelah itu, anak-anak duduk di kursinya masing-masing, berdoa dan membaca Quran Surat Al-Fatihah bersama, lalu belajar mengenal tekstur, warna, bau, dan rasa. Wah.. Apa ya yang Bu Fera bawa di atas piring kertas? Ternyata Bu Fera membawa gula, garam, dan kopi. Anak-anak diminta menyentuh ketiga benda tersebut dan membedakan tekstur kasar dan halus. Kemudian Bu Fera berkeliling sekali lagi untuk meminta anak-anak agar mencicipi ketiga benda tersebut. Ternyata Ayesha, Ghea, Via, Rana, Tisa, Fatih, dan Rafif sudah hebat semua. Mereka sudah tahu bahwa gula itu berwarna putih dan rasanya manis. Sementara, garam itu teksturnya lebih halus dari gula, walaupun warnanya sama-sama putih. Selain itu, garam rasanya asin. Anak-anak juga mengenal tekstur kopi bubuk dan mencicipi rasanya. Wah, mereka juga sudah tahu lho, bahwa kopi itu rasanya pahit. Hebat! Kegiatan dilanjutkan dengan menjiplak daun di atas kertas. Jangan lupa melihat tayangan di bawah ini ya, Moms, Dads, Teachers, and Visitors.. :)



Dan inilah Ibu Guru Kelas Toddler yang baik hati, penyayang, dan cantik :)



0 comments:

 

NURUL IMAN: Islamic Toddler, Playgroup, and Kindergarten Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting